Bukan kah Abu Bakar pernah Isbal?

Melakukan perbuatan Isbal berdasarkan hadis Abu Bakar.

Hadis terkait Abu Bakar radhiyallahu`anhu, tidak dapat dijadikan dasar bolehnya melakukan Isbal, dilihat dari dua sisi:

Pertama: maksud teks perkataan Abu Bakar: إن أحد شقي ثوبي يسترخي إلا أن أتعاهد ذلك منه, (..bahwa menjulurnya kain/ sarung beliau bukan karena kemauan beliau, akan tetapi sarung itu melorot; dan walaupun begitu, beliau tetap konsisten untuk tidak menjulurkan sarungnya hingga di bawah mata kaki..).

Bagi mereka yang isbal dengan tidak adanya niatan sombong, kita katakan: kalau kain itu menjulur hingga di bawah mata kaki, maka anda akan diazdab dengan siksa neraka lantaran kain anda yang menjulur; dan jikalau anda menjulurkan kain hingga di bawah mata kaki dengan niatan sombong, maka adzabnya lebih berat dari yang pertama, yaitu Alloh tidak akan mengajak anda bicara pada hari kiamat, tidak melihat kepada anda, tidak mentazkiyah anda dan bagi anda adzab yang pedih.

Kedua: dalam hadis tersebut Abu Bakar radhiyallahu`anhu telah mendapatkan tazkiyah dan persaksian dari Rasulullah shalallahu`alaihi wa sallam, bahwa beliau tidak termasuk orang-orang yang berbuat sombong.

Pertanyaannya apakah orang-orang yang isbal saat ini telah mendapatkan tazkiyah dan persaksian itu dari Rasulullah shalallahu`alaihi wa sallam?.

Namun syaithan -terus menggoda- membukakan jalan bagi sebagian orang untuk mengikuti nash al-Qur`an dan as-Sunnah yang mutashabih lalu menjastifikasi apa yang mereka lakukan dengan membolehkan perbuatan isbal.

Dan Allah ta`ala sajalah yang berhak memberikan petunjuk kepada hamba-Nya menuju jalan yang lurus, dan kita memohon kepada-Nya hidayah dan ampunan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s