Metode mempelajari Aqidah..

Bagaimana cara untuk mempelajari aqidah dengan baik dan benar?

jawaban:

Para ulama salaf mereka memiliki metode khusus dalam mentela`ah dan mempelajari Aqidah; diantar metode tersebut adalah:

1. Dalam mempelajari Aqidah mereka mencukupkan dengan wahyu. Bahwa aqidah merupakan tauqifiyyah dan tidak boleh mempelajarinya hanya mengandalkan akal, karena wahyu berasal dari Allah yang tercermin dalam Al-Qur`an dan Sunnah Rasulullah shalallahu`alaihi wa sallam. sebagaimana firman Allah ta`ala:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَطِيعُواْ اللّهَ وَأَطِيعُواْ الرَّسُولَ وَأُوْلِي الأَمْرِ مِنكُمْ فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللّهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً

“Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya”.(An-Nisa` 59).

2. Menerima sepenuhnya apa yang datang dari wahyu Allah. Karena Aqidah Islamiyah merupakan urusan ghaib, maka sudah menjadi kewajiban untuk mengimaninya tanpa sedikitpun mempertanyakannya.

3. Meninggalkan Ibtida`(membuat hal-hal baru dalam urusan agama). karen agama ini telah sempurna makan tidak perlu lagi menambah-nambahkan syari`at ataupun menguranginya. sebagaimana firman Allah ta`ala:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإِسْلاَمَ دِيناً

“..Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni’mat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu..”

(Al-Maidah 3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s